Lalu bagaimana cara jualan di facebook yang benar dan baik menurut EYD eh maksudnya menurut para pakar marketing media sosial?
1. Facebook pada dasarnya bukan untuk berjualan
FB-NOT-ONLINE-SHOP
Facebook seperti yang anda ketahui adalah salah satu media sosial, ingat MEDIA SOSIAL yaitu ALAT untuk BERSOSIAL, bukan ONLINE SHOP. Salah kaprahnya penggunaan facebook sebagai ajang jualan dengan cara sporadis, hampir tiap 2 jam posting produk, nge-tag nama2 orang serampangan, atau nye-pamming di personal message, membuat pengguna facebook sebagian agak ill feel alias eneg alias bosan. Jadi bijaklah dalam menggunakan facebook sebagai sarana jualan. Lalu jualnnya bagaimana? Cukup berikan pancingan berupa CERITA yang memberikan manfaat dari produk yang anda jual. Tidak perlu panjang, cukup perkirakan kurang dari 1 menit membaca status tersebut dan membuat yang membaca minimal, berkomentar atau me-like status tersebut, lebih baiknya lagi meng-share status anda yang mengandung jualan.
2. Gunakan perbandingan 9 : 1 atau 7 : 1
PERBANDINGAN-STATUS
Perlu anda ketahui bahwa orang facebookan bukan sedang mencari produk yang anda jual meskipun kemungkinan itu ada. Tetapi mereka berfacebookan untuk BERSOSIAL dan mencari INFORMASI atau ber PAMER2 RIA. Jadi gunakan perbandingan 9 : 1. Artinya adalah dari sembilan status dalam 1 hari di facebook Anda, satu status isinya promosi singkat. Sembilan status berupa informasi yang bermanfaat atau yang menarik atau yang menginspirasi. Jangan sampai terbalik, 1 status bermanfaat, 9 status isinya jualan. Jika belum bisa 9 status, coba dengan 7 status informatif.
3. Niatkan untuk membantu bukan untuk mencari untung semata
help-not-money
Segala sesuatu dinilai berdasarkan niat. Tidak salah memang berniat jualan mencari untung lewat facebook. Tetapi jualan sejatinya membantu orang-orang menemukan produk yang tepat untuk masalah mereka.
4. Konsisten
konsisten
Musuh bebuyutan seorang internet marketing atau pebisnis online adalah konsistensi dalam menginformasikan. Kelihatannya sepele update status di facebook, meskipun kita telah merancang materi status yang akan di update tiap hari.
5. Waktu mustajabah facebookers
waktu-facebookan
Ada waktu-waktu yang mustajabah alias paling ramai menggunakan facebook. Kapankah itu? Sebenarnya ini tergantung segmen produk yang anda jual. Untuk orang dewasa, anak-anak, remaja atau lansia. Kita tentunya bisa memperkirakan jam berapakah seorang pegawai berfacebook ria? Sangat mungkin di waktu makan siang, menjelang pulang, di malam hari menjelang istirahat. Yang lainnya silahken diprediksi berdasarkan target marketing Anda.
Yap, itulah lima tips singkat cara jualan di facebook yang saya rangkum dari beberapa buku dan artikel lewat mbah gugle. Masih banyak sekali memang yang belum terkupas dan terbahas dengan rinci. Jika Anda ingin menambahkan atau mengurangi atau membumbui artikel ini monggo saya tunggu di panel komentar di bawah. Semoga bermanfaat
Komentar
Posting Komentar